Ngerinya Penyakit Tangan Kaki Mulut Menyebar Lewat Troli Supermarket

Ilustrasi penyakit kulit
Sumber :
  • sciencedaily.com

VIVA – Penyebab utama merebaknya penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) di Penang, Malaysia telah berhasil diidentifikasi. Diketahui penyebabnya adalah kontak dengan gagang di pegangan pada troli supermarket dan permainan anak di pusat perbelanjaan. 

Pulang Mudik Anak Rentan Kena Infeksi Virus, Kenali Penyebabnya

Penyelidikan yang dilakukan oleh pihak berwenang juga menemukan bahwa mainan dan kursi dalam mal juga menjadi penyebab utama menularnya penyakit tersebut.

Dalam sebuah surat yang dikeluarkan oleh kantor kesehatan wilayah setempat, pihak berwenang menyarankan pusat perbelanjaan untuk mendisinfeksi barang-barang tersebut.

Waspada Mom, 4 Penyakit Rentan Mengintai Anak Pasca Lebaran

Dr Afif Bahardin, Kepala Bidang Kesehatan, Pertanian dan Agro Industri Penang mengatakan, jumlah kasus HFMD telah menurun selama tiga hari berturut-turut sejak Kamis lalu menunjukkan jumlah kumulatif masih tergolong tinggi.

Ia menyebutkan, ada 78 kasus yang tercatat pada hari Kamis yang turun menjadi 52 pada hari Jumat dan 51 pada hari berikutnya.

Kasus Campak Naik 32 Kali Lipat, IDAI Minta Masyarakat Waspada dan Segera Vaksin

"Meskipun ada penurunan dalam kasus baru, jumlah kumulatif masih tinggi yaitu 2.341 kasus pada 21 Juli dibandingkan dengan 1.099 kasus pada periode yang sama tahun lalu," ujar Afif seperti dikutip dari Channel News Asia.

Afif mengungkapkan, 30 tempat telah ditutup yang di antaranya adalah 10 taman kanak-kanak atau TK, tujuh nurseries, enam sekolah dasar, enam kelas prasekolah dan satu pusat pengasuhan anak. Sembilan anak yang terinfeksi HFMD dirawat di rumah sakit.

HFMD adalah infeksi virus yang dapat mempengaruhi orang dewasa dan anak-anak meskipun anak di bawah usia lima tahun lebih rentan.

Virus ini menyebar antarmanusia melalui kontak langsung dengan cairan hidung, air liur, kotoran dan cairan dari ruam orang yang terinfeksi. Virus ini juga bisa menyebar melalui kontak dengan benda dan permukaan yang sudah terkontaminasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya