AS Mau Rilis Proposal Perdamaian Timur Tengah, Diklaim Bakal Ampuh

Donald Trump Resmi Akui Yerusalem Ibu Kota Israel
Sumber :
  • REUTERS/Ronen Zvulun

VIVA – Proposal Perdamaian Timur Tengah yang telah lama ditunggu-tunggu, disusun pemerintahan Amerika Serikat akan segera dirampungkan.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Diberitakan Reuters, Gedung Putih menyebut bahwa proposal tersebut sebagai sebuah rencana visi ekonomi yang kuat, sekaligus akan membantu menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Seorang pejabat di Gedung Putih mengungkapkan bahwa utusan khusus Presiden Donald Trump, sedang mengerjakan serangkaian proposal paling rinci.

Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

Tanggal rilis proposal tersebut belum diungkapkan. Namun, Trump sebelumnya berharap proposal itu akan diungkapkan awal tahun ini. Sayangnya, keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan kedutaan di sana, telah meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Palestina menyatakan bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan kepada pemerintah Trump, untuk bertindak sebagai mediator yang adil.

Israel Panggil Dubes Deretan Negara yang Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Proposal Perdamaian Timur Tengah, merupakan produk diplomasi yang dipimpin oleh penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner dan pengacara yang memainkan peran dalam negosiasi, yakni Jason Greenblatt.

Kedua utusan tersebut telah meminta para pemimpin di wilayah Timur Tengah untuk membuat garis besar untuk setiap masalah dan nantinya hasil yang dapat mereka jalani dan bisa diterima oleh pihak lain.

Upaya-upaya terdahulu oleh para Presiden AS sebelumnya untuk merundingkan perdamaian Israel dan Palestina dianggap telah gagal, karena perbedaan status Yerusalem dan perbatasan.

Namun, pihak Trump mengklaim bahwa mereka telah mempelajari upaya masa lalu sebagai tolak ukur ke masa depan. Rencana Trump dinilai akan menjadi paket solusi paling rinci yang pernah ditawarkan dan beberapa sentuhan akhir juga akan diberikan pada proposal utama dan rencana ekonomi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya