Ribuan Anak Imigran Dipersatukan Kembali di Perbatasan Meksiko-AS

Anak yang dipisahkan atas kebijakan Donald Trump dipertemukan kembali
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA – Sekitar 1.400 dari 2.500 anak yang terpisah dari orangtua mereka di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko telah dipertemukan dengan keluarga mereka. 

Ratusan PMI di Inggris Diduga Jadi Imigran Gelap, Mahfud MD Didesak Bantu

Pengacara pemerintah mengatakan, 711 anak-anak lainnya tidak memenuhi syarat untuk reunifikasi dengan orangtua mereka pekan ini, setelah ditetapkan oleh hakim federal di San Diego. Di antara jumlah tersebut, 431 anak tidak dapat dipertemukan karena orang tua mereka tidak lagi berada di AS.

Orangtua dan anak-anak ini dipisahkan sebagai dampak dari kebijakan 'nol toleransi' Presiden Donald Trump terhadap imigrasi ilegal. Banyak dari mereka telah menyeberangi perbatasan secara ilegal sementara yang lain mencari suaka di perbatasan.

Cegah Migrasi Ilegal, Turkiye Wajibkan Pelancong Miliki Asuransi Perjalanan

American Civil Liberties Union, yang mengajukan kasus ini mengatakan di pengadilan bahwa data menunjukkan puluhan anak yang terpisah masih belum dicocokkan dengan orang tua.

Pengacara ACLU, Lee Gelernt menuduh pemerintah memilih-milih siapa yang memenuhi syarat untuk reunifikasi. Atas hal ini, pihaknya akan meminta pertanggungjawaban pemerintah dan membuat semua keluarga kembali bersama.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Selain itu, ACLU juga mengatakan pemerintah belum memberikan informasi tentang reunifikasi anak-anak berusia 5 hingga 17 tahun dengan orangtua mereka termasuk lokasi dan waktu mereka.

"Informasi ini penting baik untuk memastikan bahwa reunifikasi ini pada kenyataannya telah terjadi dan untuk memastikan layanan hukum bagi keluarga yang bersatu kembali," ujar pihak ACLU.

Imigran gelap

Sinergi Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Amankan Imigran Gelap di Peraian Tanjung Jumpul

Sinergi penindakan Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Tanjung Balai Asahan berhasil amankan imigran gelap di wilayah perairan Tanjung Jumpul, pada Sabtu (29/07).

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2023