Menlu Retno Sebut AS Tak Tolak 'Two State Solution' Palestina

Menlu RI Retno Marsudi bertemu Menlu AS Mike Pompeo di Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut bahwa Amerika Serikat (AS) tidak menolak tawaran 'two state solution' untuk menyelesaikan konflik Palestina. Pembahasan mengenai tawaran solusi itu sempat dilakukan Retno dengan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Indonesia.

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

"Beliau (Pompeo) tidak me-reject (menolak) two state solution," ujar Retno usai pertemuan di Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Menurut Retno, two state solution atau solusi dua negara dipandang Indonesia sebagai satu-satunya cara penyelesaian konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun. 

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Retno menyampaikan bahwa AS saat ini masih menggodok satu rencana skenario sebelum melaksanakan tahapan perdamaian akhir antara Israel-Palestina.

"Beliau menyampaikan masih perlu waktu untuk kemudian bisa membuat satu peace plan," ujar Retno.

Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

Lebih lanjut, Retno menyampaikan bahwa ia telah menegaskan kepada Pompeo supaya tawaran solusi dua negara dipertimbangkan dengan serius. Masalah Palestina merupakan perhatian utama dari Indonesia dan seluruh negara Muslim di dunia.

"Saya secara spesifik menyebutkan mengenai two state solution sebagai satu-satunya solusi yang valuable dan lasting," ujar Retno.

Ilustrasi Rapat Dewan Keamanan (DK) PBB

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyesalkan kegagalan berulang DK PBB dalam mengesahkan resolusi keanggotaan penuh Palestina.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024