Terima Kunjungan Menlu AS, Jokowi Banggakan Demokrasi dan Islam

Presiden Joko Widodo, menerima kunjungan Menlu AS Mike Pompeo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Neeri AS Mike Pompeo, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 5 Agustus 2018. Dalam sambutannya, Pompeo mengatakan ia sudah berkomunikasi dengan Wakil Presiden AS soal Indonesia.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Bagi dia, negara RI adalah tempat yang nyaman. Tak hanya itu, Pompeo melanjutkan, Indonesia adalah partner AS yang bagus. "Nilai-nilai demokrasi di Indonesia, adalah demokrasi terbesar di dunia," lanjut Pompeo.

Mendapat penilaian seperti itu, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara. Lalu, Indonesia juga adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

"Sebagai negara muslim paling besar di dunia, kita juga bangga bahwa demokrasi juga berkembang pesat di Indonesia," kata Jokowi, dalam sambutannya, Minggu 5 Agustus 2018.

Jokowi melanjutkan tantangan terbesar negara-negara saat ini adalah memelihara keberagaman. Sejauh ini, Indonesia dianggap cukup mampu.

Momen Menlu AS Tegang saat Memastikan Joe Biden Tidak "Ngelantur"saat Bicara, Ekspresi Disorot

Semua manusia, kata dia, selayaknya menghormati setiap keberagaman itu. "Tantangan yang dihadapi semua bangsa saat ini adalah bahwa bagaimana memelihara keberagaman satu sama lain, saling menghormati," jelasnya.

Dalam pertemuan ini, turut mendampingi Jokowi antara lain Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito.

Potret Warga Gaza (Doc: Marocco World News)

Menlu AS Bersedih dengan Keadaan Masyarakat Gaza Saat Lebaran

Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui Menteri Luar Negeri, Antony Blinken, mengucapkan selamat Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 pada seluruh umat Muslim.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024