Logo BBC

Arab Saudi Usir Dubes Kanada dan Putuskan Hubungan Dagang

 - Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Arab Saudi menuduh Kanada melakukan `campur tangan` dalam urusan domestik kerajaan itu, dan mengusir duta besar negeri itu dan membekukan semua perdagangan antara kedua negara.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan langkah Kanada pekan lalu yang menyerukan pembebasan warga sipil dan aktivis hak-hak perempuan yang ditahan, merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Saudi.

Mereka yang ditahan dan diserukan pembebasannya oleh Kanada antara lain pegiat HAM Arab Saudi yang juga berkewargaan AS, Samar Badawi.

Kanada mengatakan pihaknya masih menunggu klarifikasi atas pernyataan Saudi tersebut, namun menekankan bahwa Kanada akan "selalu membela perlindungan hak asasi manusia, lebih-lebih hak-hak perempuan, dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Marie-Pier Baril.

"Pemerintah kami tidak akan pernah ragu untuk mempromosikan nilai-nilai ini dan percaya bahwa dialog (tentang hal) ini sangat penting untuk diplomasi internasional," tambahnya.

Pegiat hak perempuan Saudi terkemuka, Manal al-Sharif, mengucapkan terima kasih kepada Kanada karena "bersuara lantang" dan mempertanyakan negara-negara Barat lainnya akan melakukan hal yang sama.

Siapa saja yang ditahan Saudi?