Logo ABC

Televisi Australia Sky News Minta Maaf Wawancarai Tokoh Ekstrem Kanan

Mantan menteri utama NT Adam Giles (kanan) mewawancarai mantan ketua United Patriots Front Blair Cottrell untuk acara Adam Giles Show di Sky News Australia.
Mantan menteri utama NT Adam Giles (kanan) mewawancarai mantan ketua United Patriots Front Blair Cottrell untuk acara Adam Giles Show di Sky News Australia.
Sumber :
  • abc

Setelah mendapat kritikan keras dari penonton, jaringan televisi berita satelit Sky News Australia meminta maaf bahwa mereka telah menayangkan wawancara dengan tokoh nasionalis ultra kanan Australia Blair Cottrell.

Mantan ketua organisasi ekstrim kanan United Patriots Front tersebut diundang untuk hadir dalam acara bernama Adam Giles Show di studio.

Adam Giles adalah mantan Menteri Utama negara bagian Northern Territory, dan dalam wawancara tersebut Cotttrell berbicara mengenai perlunya mengurangi jumlah migran ke Australia dan melindungi negeri dari "ideologi asing".

Hanya beberapa jam setelah wawancara itu ditayangkan dan dibagikan di beberapa platform media sosial Sky News, saluran tersebut kemudian menarik wawancara untuk program ulangan dan juga dari platform online.

Walau tidak secara langsung meminta maaf, Direktur Pemberitaan Sky News Greg Byrnes mengatakan "adalah hal yang salah mengundang Blair Cottrell berbicara di Sky News Australia" dan "pandangannya tidak menggambarkan pandangan kami."

External Link: Sky News Australia tweets It was wrong to have Blair Cottrell on Sky News Australia. His views do not reflect ours. The interview has been removed from repeat timeslots and online platforms. - Greg Byrnes, News Director

Keputusan untuk mendatangkan Cottrell mendapat kecaman dari banyak pihak, bahkan reporter politik Sky News Laura Jayes mengeluarkan kritik terhadap medianya sendiri.