Tak Senang Dikritik, Saudi Juga Bekukan Penerbangan ke Kanada

Malala jadi WN Kehormatan Kanada
Sumber :
  • REUTERS/Chaiwat Subprasom

VIVA – Seluruh armada penerbangan Arab Saudi membekukan penerbangannya menuju Toronto, Kanada setelah pemerintah Kanada meminta agar Arab Saudi membebaskan sejumlah aktivis hak-hak perempuan yang ditahan di negara itu.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Saudi juga memutuskan semua hubungan dagang yang dimiliki dengan Kanada dan memulangkan Dubes Kanada untuk Saudi belum lama ini karena tak senang dikritik. Sementara Kanada menyatakan bakal tetap menyuarakan dan mengadvokasi kepentingan HAM dalam kasus ini.

Dikutip dari laman BBC, reaksi ini berlangsung setelah Kanada menyuarakan pembebasan terhadap para tahanan aktivis termasuk perempuan berdarah Amerika-Arab, Raif Badawi yang merupakan saudara dari juru kampanye hak perempuan Samar Badawi.

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Sementara Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland mengatakan, dia sangat menyesalkan pemulangan Dubes mareka namun Kanada kata dia tetap harus memiliki sikap.

"Kanada akan selalu berdiri demi perlindungan HAM termasuk hak-hak perempuan dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia," kata Freeland.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Sementara pihak Saudi melalui Jubir Adel al-Jubeir mengatakan bahwa penahanan yang mereka lakukan semata karena adanya disinformasi yang disebarkan dan setiap orang yang ditahan kata dia, akan diperhatikan hak-haknya.

Nikmatul Rosidah dan suami

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Media sosial dihebohkan dengan seorang bule Kanada bernama Dobson yang mengungkapkan pengalaman mengagumkan saat dirinya menikah dengan wanita Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024