Eropa Bagai Terpanggang, Ini Daftar Negara Terpapar Panas Ekstrem

Paris kembali dilanda panas ekstrem tahun ini
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau

VIVA – Berbagai negara di Eropa dalam beberapa pekan terakhir terus dilanda suhu panas ekstrem. Udara panas di beberapa negara bahkan telah menembus rekor tertinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan suhu.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Beberapa negara yang dilanda suhu panas ekstrem:

Prancis

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Suhu udara di Prancis diperkirakan mencapai puncaknya sekitar 37 derajat Celcius di Prancis selatan pada Senin, sementara wilayah utara akan lebih panas pada hari Selasa. Pada hari Sabtu, suhu panas di Prancis mencapai tingkat tertingginya sejak gelombang panas 2003 yang dicatat menewaskan ribuan orang yang sebagian besar berusia lanjut saat itu.

Menteri Kesehatan Agnes Buzyn mengimbau warga harus berhati-hati mengatasi hawa panas dan memperingatkan bahwa semua orang harus beradaptasi.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"Anda perlu minum banyak tapi juga untuk makan dan mengonsumsi garam," kata Buzyn.

Spanyol

Di Spanyol, jumlah korban tewas meningkat menjadi tujuh orang setelah seorang pria Jerman berusia 40 tahun di tempat ziarah Camino de Santiago (Jalan Saint James) meninggal dunia akibat serangan udara panas pada hari Minggu di wilayah timur Extremadura. 

Suhu tetap tinggi terutama di tenggara di mana panas diperkirakan akan mencapai 40-42 derajat Celcius.

Portugal

Di Portugal, temperatur udara telah sedikit berkurang. Namun baru-baru ini 1.100 petugas pemadam kebakaran dengan dibantu 160 tentara harus berjuang untuk memadamkan kebakaran.

Monchique di Portugal selatan diselimuti awan asap tebal setelah kebakaran yang memaksa evakuasi warga dan mengakibatkan 24 orang terluka. 

Badan cuaca setempat mengatakan suhu udara telah turun di bawah 45 derajat Celcius dan akan terus turun dalam beberapa hari ke depan.

Jerman

Jerman diperkirakan akan mengalami lonjakan panas di pertengahan pekan ini menjadi sekitar 39 derajat Celcius sebelum suhu menurun. Angka resmi menunjukkan rata-rata suhu udara sepanjang April-Juli 3,6 derajat lebih tinggi dibandingkan periode referensi 1961-1990.

Lebih dari sejuta anak kembali ke sekolah pada hari Senin di tiga negara bagian Jerman, Rhineland-Palatinate, Saarland dan Hesse. Namun beberapa di antaranya diizinkan pulang lebih awal karena gelombang panas.

Inggris

Inggris mengalami cuaca panas terus menerus di wilayah selatan dengan maksimum 32 Celcius. Namun cuaca dilaporkan lebih dingin dan mendung di bagian utara.

Laporan mengatakan hujan yang terus-menerus telah menghantam pulau-pulau yang lebih terpencil di negara itu, seperti Lundy di Selat Bristol di mana populasi wilayah itu sekarang bergantung pada air kemasan dari daratan setelah pasokan lokal mengering.

Belanda 

Gelombang panas telah menghantam dataran rendah Belanda seperti banyak negara lain namun tidak ada yang mengira itu bisa menjadi ancaman bagi sistem bendungan dan kanal yang terkenal di dunia yang dirancang untuk menjaga laut di teluk.

Tingkat air telah turun sangat rendah sehingga air laut merembes ke perairan dan Rijkswaterstaat yang mengelola sistem air nasional telah membuka bendungan ke pedalaman untuk menyiramnya.

Yunani

Yunani sedikit lebih dingin namun jumlah korban kebakaran bulan lalu di timur laut Athena meningkat menjadi 91 orang karena seorang wanita berusia 95 tahun meninggal karena luka-lukanya.

Sebanyak 36 orang lainnya dirawat di rumah sakit setelah bencana 23 Juli 2018 yang mana enam di antaranya dalam kondisi kritis sebagaimana dilansir Channelnews Asia.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya