Evakuasi WNA di 3 Pulau Gili Berlanjut, Kemlu RI Buka Saluran Bantuan

Warga asing dari Gili dievakuasi
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Tim penanganan warga negara asing atau WNA Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Basarnas dan penduduk lokal Gili berhasil mengevakuasi lebih dari 350 orang yang terjebak pascagempa Lombok akhir pekan kemarin. Sekitar 90 persen di antaranya adalah warga negara asing.

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

Berdasarkan keterangan tertulis Kemlu, tim penanganan WNA telah mengupayakan evakuasi dari Bangsal sejak kemarin siang, Senin, 6 Agustus 2018.

Diketahui, jumlah WNA di ketiga pulau Gili yaitu sekitar 2000 orang, di mana lebih dari 1800 orang WNA telah dievakuasi.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Selama dua hari terakhir, lebih dari 70 permohonan bantuan terhadap warga negara asing telah diterima termasuk permohonan bantuan dari Kedutaan Besar Inggris, Prancis, Italia, Finlandia, Spanyol, Jepang, Ceko dan lainnya.

Selain itu, nomor Foreign Visitors Help Desk Kemlu (+62 878-6412-4151) juga menerima permohonan bantuan langsung dari relasi para WNA dari negara Jerman, Inggris, AS, Belgia, Spanyol, Portugal, Jepang, Prancis, Yunani, Belanda, Oman, Kuwait. (ren)

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa
Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024