Jutaan Anak Filipina Kurang Gizi, Aksi Menyusui di Stadion Dirutinkan

ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay/woodypino

VIVA – Jutaan anak Filipina di bawah usia dua tahun diperkirakan mengalami kekurangan gizi karena praktik pemberian ASI yang buruk yang bisa menyebabkan ribuan kematian setiap tahun. 

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Pemerintah Filipina telah neluncurkan kampanye kesadaran untuk mengatasi masalah tersebut secara langsung.

Pada hari Minggu, 5 Agustus 2018, sekitar 1.500 ibu di Filipina berkumpul di stadion Manila dalam acara pemberian ASI eksklusif yang didukung oleh pemerintah untuk memerangi angka kematian anak-anak.

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Mengenakan kaus oblong, para ibu tersebut duduk di lantai stadion yang luas, membiarkan bayi-bayi mereka menyusu sambil menikmati irama musik dansa. Beberapa bahkan menyusui dua anak sekaligus.

"Menyusui adalah cinta. Itu sulit tapi kami melakukannya untuk cinta," kata Abegirl Limjap, seorang ibu berusia 38 tahun yang memiliki dua orang anak seperti diberitakan Asian Correspondent.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Penyelenggara bernama Rose Padua mengatakan, acara tahunan ini bertujuan menarik dukungan publik terkait kampanye pemerintah untuk membuat lebih banyak ibu beralih dari susu formula ke ASI.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF telah mendesak para ibu untuk memberikan ASI kepada anak-anak mereka dalam satu jam pertama kelahiran. Mereka juga merekomendasikan bayi untuk disusui secara eksklusif pada enam bulan pertama kelahiran.

Data WHO mengungkapkan sekitar 27 dari 1.000 anak-anak di Filipina meninggal sebelum berusia lima tahun pada tahun 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya