Logo ABC

Anggota Parlemen Australia Kecam Pidato Rasis Senator Anning

Dalam pidatonya, Fraser Anning menggunakan kata final solution, frasa yang sebelumnya digunakan rejim Nazi di Jerman selama Perang Dunia.
Dalam pidatonya, Fraser Anning menggunakan kata final solution, frasa yang sebelumnya digunakan rejim Nazi di Jerman selama Perang Dunia.
Sumber :
  • abc

Anggota parlemen Australia baik di tingkat DPR maupun Majelis Tinggi mengecam pidato Senator Fraser Anning yang mendukung bagi adanya kebijakan White Australia dan menggunakan frasa Nazi, namun senator tersebut tidak merasa bersalah.

Dalam pidatonya di depan parlemen untuk pertama kalinya hari Selasa (14/8/2018) Senator Anning mengatakan kebijakan imigrasi Australia perlu dirombak total., dengan mengatakan kebanyakan migran baru Australia harus berasal dari kalangan Kristen Eropa, dan warga Muslim harus dilarang masuk.

Dalam pernyatannya, Anning menggunakan kata "final solution" (solusi akhir), frasa yang digunakan oleh kelompok Nazi di Jerman dibawah kepemimpinan Adolf Hitler yang berarti pembantaian habis-habisan warga Yahudi di Eropa.

Dia juga menyerukan pemungutan suara nasional untuk menentukan siapa yang bisa diterima masuk ke dalam Australia.

"Solusi final bagi masalah imigrasi tentu saja adalah pemungutan suara nasional." katanya di depan Majelis Tinggi Parlemen Australia.

Pidato ini mendapat kecaman keras dari para politisi dari berbagai partai baik di DPR maupun di Majelis Tinggi, dengan Perdana Menteri Malcolm Turnbull menggambarkan komentar "final solution" merupakan "penghinaan mengejutkan" bagi mereka yang tewas dalam peristiwa Holokos.

Namun Senator Anning bergeming, dan ketua partainya Bob Katter menyebut pidato Anning sebagai "mengesankan" dan "bernilai emas."