Logo BBC

Pemilu Sela AS: Ada Waria Pertama, Muslim Pertama, Muslimat Pertama

Christine Hallquist mengalahkan tiga kandidat lainnya, termasuk seorang bocah 14 tahun, untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat. - Reuters
Christine Hallquist mengalahkan tiga kandidat lainnya, termasuk seorang bocah 14 tahun, untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Seorang mantan eksekutif bidang energi tinggal selangkah lagi untuk menjadi waria atau perempuan transgender pertama yang menjabat sebagai gubenur sebuah negara bagian di Amerika Serikat.

Christine Hallquist mengalahkan tiga kandidat lainnya, termasuk seorang bocah 14 tahun, untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat.

Ia akan menghadapi petahana dari Partai Republik, Phil Scott, dalam pemilihan umum bulan November.

Dalam pemilihan pendahuluan partai lainnya, seorang mantan pengungsi Somalia menang di Minnesota, membuka jalan untuk menjadi perempuan Muslim pertama di Kongres, sementara seorang politikus yang sudah menjadi Muslim pertama sebagai anggota Kongres, terpilih sebagai kandidat jaksa agung.

Demokrat mengincar terjadinya "gelombang biru" dalam pemilihan sela bulan November untuk mendapatkan kembali kendali Kongres, dengan setidaknya unggul satu kursi.


Ilhan Omar mengalahkan enam calon dalam pemilihan pendahuluan di Minnesota. - AFP

Kemenangan Christine Hallquist di pemilihan pendahuluan menjadi salah satu penanda penting dari tahun pemilihan umum yang sudah diwarnai oleh rekor tingginya kandidat LGBT, khususnya lesbian, gay dan transgender.