Kunjungan ke China

Obama Datang, Istana Raja Ditutup untuk Umum

VIVAnews - "Kota Terlarang," demikianlah nama kompleks istana yang pernah menjadi kediaman 24 raja selama lebih dari 400 tahun saat China masih menjadi kekaisaran. Namun, obyek wisata di jantung Kota Beijing yang rutin dikunjungi 20.000 turis per hari itu benar-benar terlarang untuk umum, Selasa 17 November 2009.
 
Rupanya, Kota Terlarang, yang kini berubah menjadi museum, saat itu tengah dikunjungi seorang tamu istimewa bersama rombongannya. Dia adalah Barack Obama.
 
Usai menghabiskan waktu 2,5 jam berbicara dengan Presiden China, Hu Jintao, kepala negara Amerika Serikat (AS) itu langsung menanggalkan dasinya dan mengganti setelan resmi dengan jaket kasual. Selama satu jam, Obama menikmati kemegahan arsitektur Kota Terlarang.

"Sangat indah. Tempat ini tempat yang luar biasa bagus untuk dikunjungi. Saya akan kembali lagi ke sini dengan istri dan dua putri saya," kata Obama, seperti dikutip kantor berita pemerintah China, Xinhua.

Ditemani oleh seorang kurator, Zheng Xinmiao, Obama masuk ke lokasi museum yang atap dan halamannya sedang tertutup salju tersebut melalui gerbang utama di bagian utara (Wu Men). Mereka lalu menyusuri sepanjang jalan tengah museum, yang juga merupakan garis poros kota Beijing, dari selatan ke utara.

Sebelum mengakhiri tur, Obama dikabarkan menerima sebuah cinderamata unik dari pengurus museum. Dia lalu duduk dan menulis di buku tamu VIP, tanpa menceritakan apa yang dia tulis.

Rabu pagi, 18 November 2009, Obama dijadwalkan mengunjungi Tembok Besar China di Badaling, di pinggir kota Beijing. Departemen transportasi sudah memasang peringatan agar orang-orang tidak melewati jalan tol Badaling.

Penjagaan ketat juga dilakukan di luar St. Regis Hotel Beijing, tempat Obama menginap. Sebuah pom bensin di dekat hotel ditutup dan akan dibuka kembali pada 19 November.

"Bisa dimengerti kenapa penjagaan seketat itu," kata seorang warga Beijing bermarga Zhang. "Saya harap dia bisa lebih banyak mengerti kebudayaan China dengan melihat sendiri dan lebih memahami rakyat China," lanjut Zhang. Setelah mengunjungi Tembok Besar dan bertemu Perdana Menteri Wen Jiabao, Obama akan bertolak ke Korea Selatan pada Rabu sore.

Obama berkunjung ke China selama tiga hari. Ini merupakan persinggahan terlama bagi Obama dalam turnya ke Asia.

Sebelum China, Obama menyambangi Jepang dan Singapura. Korea Selatan merupakan persinggahan terakhir bagi Obama sebelum pulang ke AS. (AP)

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024