Logo ABC

Diplomasi Medis China di Pasifik Diikuti India dan Amerika Serikat

Kapal medis China Peace Ark sedang berlayar di kawasan Pasifik.
Kapal medis China Peace Ark sedang berlayar di kawasan Pasifik.
Sumber :
  • abc

Kapal medis China Peace Ark, yang memiliki 300 tempat tidur, delapan ruang operasi, dan kemampuan melakukan 60 operasi sehari membuat China memenangkan pengaruh di kawasan Pasifik.

Strategi ini juga diikuti oleh India dan Amerika Serikat. Bagaimana dengan Australia dan apakah diplomasi seperti ini akan bermanfaat dalam jangka panjang?

Sebagai bentuk dari diplomasi "kekuatan lembut (soft power)", kapal medis terapung yang mengitari kawasan tertentu dan memberikan bantuan sangat menarik perhatian.

Apa yang dilakukan China sekarang juga diikuti oleh negara-negara besar lainnya di kawasan seperti India dan Amerika Serikat.

Kapal medis China dengan berat 10 ribu ton bernama Peace Ark sekarang sudah mengitari Pasifik, berhenti di Papua Nugini, Vanuatu, Fiji dan Tonga.

Peace Ark mengatakan sejauh ini sudah memberikan pengobatan cuma-cuma kepada 4 ribu orang di ibukota PNG Port Moresby, 4500 orang di Vanuatu, 6 ribu orang di Fiji, dan lebih dari 5.500 pasien di Tonga.

A man lying on a hospital bed receives cupping therapy. There are two cups on his back and several two rows of red circles. Peace Ark memberikan juga layanan pengobatan tradisional China.