Kapal Terseret ke Laut Thailand, 4 Nelayan Aceh Butuh Bantuan Kemlu RI

Kapal nelayan Aceh terbawa ke Thailand
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Empat orang nelayan asal Aceh terdampar di perairan Phang Nga Thailand. Mereka mengalami mati mesin dan akhirnya kapal terbawa arus laut hingga ke Thailand.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Empat Nelayan itu ialah Arifin, Muhammad, Dedi Surianto dan Dendi. Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftah Cut Adek mengatakan, awalnya mereka berangkat dari pelabuhan Lampulo menuju sasaran pemancingan ikan tuna pada 14 Agustus 2018 lalu.

Namun saat tiba di lokasi, mesin kapal mati dengan tiba-tiba. Setelah diperbaiki, mesin kapal tersebut kembali bisa hidup. Saat hendak nelayan ini pulang ke Lampulo mereka malah dihantam ombak besar yang mengakibatkan kapal itu mengalami patah As (kemudi).

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

"Pada saat dalam perjalanan pulang, kapal nelayan kita bertemu dengan badai dan ombak besar, KM nelayan mengalami kerusakan patah as kipas (kemudi) dan tidak dapat diperbaiki lagi, " kata Miftah saat dikonfirmasi, Rabu, 29 Agustus 2018.

Atas kejadian itu, kapal beserta ABK terkatung-katung di lautan bebas dan terbawa angin terdampar ke Pulau Semilan Phanga Thailand. Jarak pulau Semilan dengan dermaga pantai Phanga diperkirakan 30 Mile.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

"Nelayan kita jumpa sama nelayan Thailand dan diselamatkan dan ditarik ke darat ke negara Thailand dan diberi makan dan pakaian," lanjut Miftah.

Kata Miftah, sampai saat ini nelayan masih di kapal dalam keadaan aman dan sehat. Dalam hal ini pihak Panglima Laot Aceh akan segera menghubungi Pemerintah Aceh melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh dan pihak Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membantu pemulangan nelayan tersebut.

"Saat ini kita sedang menjajaki untuk pemulangan dengan jadwal tiba di Medan Tanggal 30 Agustus 2018," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya