PM Baru Australia Bertemu Jokowi Pertama Kali, Ini yang Akan Dibahas

PM Australia Scott Morrison
Sumber :
  • REUTERS/David Gray/File Photo

VIVA – Perdana Menteri Australia yang baru beberapa hari lalu dilantik, Scott Morrison, dijadwalkan akan bertemu Presiden Joko Widodo, besok, Jumat 31 Agustus 2018.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Morrion ke Indonesia dalam rangka kunjungan resmi. Bahkan, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjunginya, setelah dilantik lebih sepekan lalu. 

"Kunjungan beliau dapat kami maknai sebagai suatu komitmen dari Australia untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia," jelas Retno, di Istana Bogor, Kamis 30 Agustus 2018.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Retno belum bisa menjelaskan secara detail apa saja yang akan dibahas. Hanya, karena Indonesia dan Australia adalah bertetangga, banyak sektor yang bisa dijajaki untuk dilakukan kerja sama. Baik dari sisi perdagangan, investasi, pendidikan, pariwisata, kemudian untuk keamanan, counter terrorism, cyber. 

"Banyak sekali. Salah satu yang akan dibahas masih dalam konteks bagaimana menyelesaikan negosiasi Indonesia-Australia comperehensive economics agreement. Tetapi sebagian besar sudah selesai," lanjutnya menjelaskan. 

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Dia pun belum bisa memastikan, setelah pertemuan Jokowi dan Morrison apakah akan ada kesepakatan baru yang tercipta. 

"Tapi sebagian besar, hampir semua dinegosiasikan hampir selesai karena ini cukup lama," katanya. 

Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024