Politikus Pembenci Islam Batalkan Sayembara Kartun Nabi Muhammad

Politisi Belanda Geert Wilders
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Anggota Parlemen Belanda, Geert Wilders, akhirnya membatalkan rencana untuk mengadakan kontes karikatur Nabi Muhammad setelah mengatakan bahwa ancaman kekerasan terhadap orang yang tak bersalah potensinya terlalu besar.

Gibran Pakai Jaket Bermotif Naruto, Pakar Gestur dan Ekspresi Sebut Ada Makna Tersendiri

Dalam sebuah pernyataan, Wilders menegaskan bahwa ia secara pribadi tidak akan menghentikan kampanye anti-Islam. Namun risiko terhadap orang yang tidak bersalah dan serangan terhadap masyarakat Belanda terlalu besar.

"Pandangan saya tentang sifat Islam yang tidak toleran telah dibuktikan kembali oleh hal ini," kata Wilders dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Jumat, 31 Agustus 2018.

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

Awal pekan ini, polisi Belanda menangkap seorang pria berusia 26 tahun, yang diduga mengancam akan menyerang Wilders atas adanya rencana lomba karikatur tersebut.

Sementara itu di Pakistan, ribuan orang berdemonstrasi menentang kontes dalam aksi yang diselenggarakan oleh partai Islamis Tehreek-e-Labbaik yang juga menyerukan kepada Pakistan dan negara-negara Islam lainnya untuk memutuskan semua hubungan dengan Belanda.

Unik, Ada Pameran Lukisan Berbalut Wayang Kartun

Pada tahun 2005, surat kabar Denmark Jyllands-Posten menerbitkan kartun Nabi Muhammad yang memicu gelombang protes di seluruh negara Muslim. Berbagai upaya untuk membunuh editor atau kartunis Kurt Westergaar pun terjadi. (ase)

Konferensi Pers Ditres Narkoba PMK

Polisi Ungkap Narkoba LSD dari Jerman Sasar Remaja di Jakarta, Berbentuk Prangko Motif Kartun

Polisi mengungkap berbagai modus peredaran narkoba.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024