Trump Ancam Tarik Mundur AS dari WTO

Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Rick Wilking

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan menarik negaranya keluar dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), jika 'mereka tidak berubah'. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Bulan lalu, Trump mengatakan, Amerika Serikat mengalami kerugian besar karena diperlakukan sangat buruk oleh WTO selama bertahun-tahun. Trump menyebutkan, organisasi yang berbasis di Jenewa itu perlu mengubah cara mereka.

Langkah seperti itu dapat merusak salah satu pondasi sistem perdagangan global modern yang diciptakan oleh Amerika Serikat. "Jika mereka tidak berubah, saya akan menarik Amerika Serikat mundur dari WTO," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Trump mengatakan, perjanjian pembentukan WTO adalah salah satu kesepakatan perdagangan terburuk yang pernah dibuat. Penarikan AS dari WTO secara potensial akan jauh lebih signifikan bagi ekonomi global, daripada perang dagang AS dengan China.

Dalam wawancara di Oval Office, Trump mengatakan, Amerika Serikat jarang memenangkan gugatan di WTO, kecuali tahun lalu. "Pada tahun lalu, kami mulai memenangkan banyak. Anda tahu mengapa? Karena mereka tahu jika tidak, saya akan keluar dari sana," ujar Trump.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Untuk semua keluhan tentang WTO, pemerintah Trump terus mengajukan kasus terhadap anggota lain. Awal pekan ini, AS meluncurkan sebuah kasus terhadap Rusia, terkait beberapa produk yang dianggap ilegal.

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022