Logo ABC

Chelsea Maning Jadi Pembicara Via Tautan Video

Chelsea Manning melakukan tur seminarnya melalui video.
Chelsea Manning melakukan tur seminarnya melalui video.
Sumber :
  • abc

Dilarang mengunjungi Australia tidak menyurutkan Chelsea Manning untuk berbicara dengan publik Australia. Pembocor dokumen rahasia militer dan diplomatik Amerika Serikat itu tetap memaparkan pandangannya pada publik Australia melalui tautan video di Sydney Opera House.

Chelsea Manning, mantan tentara dan analis intelijen militer AS, yang dihukum tujuh tahun penjara karena mengirimkan hampir 750.000 dokumen rahasia militer dan diplomatik Amerika Serikat ke situs WikiLeaks ini telah ditolak permohonan visanya oleh Pemerintah Australia atas dasar "karakter".

Namun penampilan Chelsea Manning tetap berlanjut berkat bantuan wartawan Peter Greste, yang mewawancarai Chelsea Manning dari Sydney.

Dia membahas masalah keamanan dan privasi nasional, sejarahnya sebagai analis intelijen militer AS, perang Irak dan Afghanistan, dan isu lesbian dan gay serta transgender.

Pelanggaran data dari sistem, bukan bug"

Chelsea Manning mengatakan skandal pelanggaran data seperti bencana Cambridge Analytica baru-baru ini, atau berbagi data oleh Facebook adalah "hal yang biasa terjadi".

"Skandal itu sebenarnya bukan benar-benar skandal yang memalukan," kata Manning.