Cegah Pengintaian, Seoul Wajibkan Kamera Ponsel Bersuara Keras

Dongdaemun Design Plaza (DDP) di Seoul
Sumber :
  • Korea Tourism Organization

VIVA –  Pemerintah kota Seoul, akan memulai pemeriksaan harian untuk mencari kamera tersembunyi di toilet umum. Hal itu dilakukan pemerintah dalam menanggapi kemarahan publik atas maraknya 'spy cam porn.'

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Korea Selatan sedang berupaya melawan maraknya video yang direkam secara rahasia di tempat-tempat seperti toilet dan ruang ganti. Polisi mengatakan lebih dari 26 ribu korban, antara tahun 2012-2016 telah diidentifikasi, namun banyak kasus tak dilaporkan.

Dilansir dari The Guardian, Selasa, 4 September 2018, sebagai salah satu upaya melakukan pencegahan, pemerintah mewajibkan seluruh ponsel yang dijual di Seoul untuk membuat suara yang keras ketika mengambil foto. Dengan suara keras, upaya mengambil foto secara diam-diam bisa dicegah.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Tak hanya ponsel, para pelaku juga menggunakan beberapa barang sehari-hari seperti pulpen, jam tangan dan sepatu, saat melakukan aksinya. Alat-alat tersebut dilengkapi dengan kamera pengintai.

Saat ini, pemerintah Seoul memeriksa setiap toilet sekitar sebulan sekali, dan mempekerjakan 50 inspektur untuk memantau lebih dari 20.000 kamar mandi umum. Jumlah tersebut dirasa masih kurang. Rencananya pemerintah akan memanggil 8.000 pekerja kota yang memelihara dan membersihkan kamar mandi untuk melakukan pemeriksaan harian.
 

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Keberhasilan Shin Tae-yong (STY) mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke babak 8 besar Piala Asia U23 tengah menjadi sorotan, bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024