Korban Tewas Gempa Jepang Bertambah Jadi 16 Orang

Ilustrasi Gempa Bumi Jepang.
Sumber :
  • Kyodo / via REUTERS

VIVA – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, jumlah korban tewas akibat gempa kuat yang mengguncang Hokkaido meningkat dua kali lipat menjadi 16 korban jiwa. Lebih dari 5,3 juta penduduk di pulau utara Jepang itu juga terpaksa hidup tanpa listrik.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter (SR) yang terjadi pada Kamis subuh kemarin, memicu tanah longsor yang menimbun rumah-rumah. Pemadaman listrik dan penghentian layanan transportasi meluas hingga melumpuhkan Hokkaido.

Pulau Hokkaido, kota tujuan wisata yang terkenal dengan gunung, danau dan makanan laut, kehilangan semua kekuatan setelah gempa, ketika Hokkaido Electric Power Co menutup pembangkit listrik berbahan bakar fosil sebagai tindakan pencegahan.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Dilansir dari Reuters, gempa itu adalah bencana kedua yang melanda Jepang dalam pekan ini. Sebelumnya, negara itu telah dilanda musim panas ekstrem, dihantam topan yang mematikan dan banjir.

Bandara Internasional Kansai telah ditutup sejak Topan Jebi menerobos Osaka pada Selasa. Beberapa penerbangan domestik yang dioperasikan oleh Japan Airlines (JAL) dan maskapai penerbangan ANA Peach Aviation dibuka kembali hari ini. (ase)

Penjelasan Pakar Geologi soal Gempa Tuban yang Guncang Jawa Timur
Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024