Logo ABC

China Kirim Tentara Terbanyak dalam Latihan Perang Rusia

Kendaraan militer China yang terlibat dalam latihan militer di Rusia di kawasan Siberia Timur.
Kendaraan militer China yang terlibat dalam latihan militer di Rusia di kawasan Siberia Timur.
Sumber :
  • abc

Militer China telah bergabung dengan ratusan ribu tentara Rusia dalam latihan militer terbesar yang pernah dilakukan oleh Rusia. Latihan militer besar-besaran ini menunjukkan semakin menghangatnya hubungan Beijing dan Moskow di tengah ketegangan hubungan dengan Amerika Serikat.

Moskow mengatakan latihan militer selama sepekan bernama Vostok (Timur) 2018 akan dilakukan di kawasan luas dari Siberia, dan Timur Jauh Rusia, Lautan Kutub Udara dan Lautan Pasifik dan melibatkan sepertiga kekuatan militer Rusia.

Latihan ini akan melibatkan lebih dari seribu pesawat, 36 ribu tank, dan kendaraan militer lainnya, dan 80 kapal perang.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menggambarkan latihan militer ini bahkan lebih besar dari latihan militer semasa perang dingin yaitu Zapad 1981.

Seorang jenderal pensiunan Rusia mengatakan latihan perang ini merupakan peringatan kepada Amerika Serikat untuk tidak meningkatkan tekanan terhadap Rusia.

"Manuver ini dimaksudkan untuk mencegah maksud agresif Amerika Serikat dan NATO." kata jenderal purnawirawan Leonid Ivashov.

Dia dikutip oleh kantor berita Interfax sebagai mengatakan bahwa latihan militer ini adalah "juga respons terhadap sanksi Amerika Serikat."