Terungkap Penyerang Agen Ganda Rusia, Vladimir Putin Angkat Bicara

Presiden Rusia Vladimir Putin saat memimpin rapat kabinet.
Sumber :
  • REUTERS/Kirill Kudryavtsev/Pool

VIVA – Dua orang tersangka penyerang mantan agen ganda Rusia di Inggris terungkap. Tak hanya Sergei Skripal, tersangka juga meracuni putri Skripal bernama Yulia sebagaimana dilansir laman BBC.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin langsung bereaksi atas hal ini. Diketahui bahwa selama ini Inggris dan AS menuduh bahwa Rusia yang mendalangi penyerangan dengan menggunakan racun saraf produksi Uni Soviet.

Presiden Vladimir Putin mengingatkan bahwa pelaku ternyata adalah warga sipil dan bukan intelijen sebagaimana diprediksi Inggris.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Sementara itu, Inggris menyatakan bahwa keduanya bernama Alexander Petrov dan Ruslan Boshirov yang bekerja di layanan intelijen Rusia, GRU.

Putin membantah keduanya adalah intelijen dan mengatakan bahwa Rusia segera mengungkap dua orang tersebut dan mengungkap kasus ini.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Kami sudah tahu di mana mereka, akan segera kami temukan," kata Vladimir Putin di Kota Vladivostok.

"Kami berharap sebelum ditangkap, mereka sudah menyerahkan diri. Saya pastikan di sini tak ada motif politik hanya kejahatan biasa, akan terungkap dalam waktu segera," kata Putin lagi.

Sementara itu, Kejaksaan Inggris dan Skotlandia menyatakan belum ada cukup bukti yang bisa digunakan untuk menangkap dua orang tersangka itu. Mereka hanya diketahui memang datang ke London pada 2 Maret 2018 dari Rusia dan menggunakan paspor Rusia.

Memang, dua hari kemudian terjadilah penyerangan dengan menggunakan racun mematikan Novichok di kediaman Skripal di Salisbury, Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya