Terima Senat Republik Ceko, Jokowi Cari Celah Kerja Sama Ekonomi

Presiden Jokowi terima Senat Republik Ceko
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Senat Republik Ceko di Istana Merdeka, Senin 17 September 2018. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Republik Ceko adalah sahabat lama bagi Indonesia. 

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

"Republik Ceko adalah salah satu negara pertama di Eropa yang mengakui kemerdekaan Indonesia," kata Jokowi di Jakarta.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Republik Ceko terutama atas dukungan dalam memilih Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan tidak tetap Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). 

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Dengan hubungan kedua negara yang akrab, lanjut Jokowi, maka hubungan bilateral yang banyak terjalin, akan terus ditingkatkan. 

"Dan saya berkomitmen untuk terus memajukan kerja sama dengan Republik Ceko, khususnya di bidang perdagangan dan industri," kata Jokowi. 

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Sementara itu, Presiden Senat Republik Ceko, Mulan Stech, mengaku senang dan berterima kasih ke Presiden Jokowi yang telah bersedia menerima kehadiran mereka. 

"Sekali lagi terima kasih sekali atas sambutan yang hangat ini. Atas nama delegasi, kami sangat menghargai Indonesia memiliki hubungan bilateral yang sangat baik, tidak ada masalah," kata Mulan Stech.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Wakil Menteri Luar Negeri M. Fachir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Sementara itu, dari Republik Ceko hadir para anggota senator yaitu Tomas Grulich, Ludek Jenista, Hassan Mezian, Lumir Kantor, dan Radko Martinek. 

Turut mendampingi, Wakil Ketua MPR EE Mangindaan, Dubes Republik Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek dan Michael Stefl selaku wakil ketua Kadin Ceko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya