Tiga Nelayan WNI yang Disandera Abu Sayyaf Akhirnya Bebas

Wamenlu AM Fachir
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir memastikan, tiga orang warga negara Indonesia alias WNI yang ditawan kelompok Abu Sayyaf di Filipina, telah bebas. Saat ini, mereka sudah berada di tangan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara tersebut.

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

"Untuk saat ini saya hanya bisa mengatakan, mengonfirmasi bahwa itu benar. Bahwa tiga WNI kita yang disandera sejak Januari 2017 itu bebas," kata Fachir di Istana Negara, Jakarta, Senin 17 September 2018.

Fachir memastikan bahwa para nelayan ini nanti akan dipulangkan ke Indonesia. Hanya prosesnya saat ini, jelas Fachir, masih belum bisa dipublikasikan, mengingat banyak faktor yang menjadi pertimbangan.

Kapal Filipina Alami Kerusakan usai Ditembak Meriam Air oleh Kapal China

"Insya Allah satu dua hari ini ada perkembangan dan kita akan sampaikan karena kita saat ini tidak bisa menyampaikan detailnya dahulu karena menyangkut pertimbangan keamanan," kata dia.

Dia memastikan, kondisi para WNI yang dibebaskan itu tidak kekurangan suatu apa pun. Mereka juga sudah melalui pemeriksaan usai dibebaskan. "Dan menurut tim di lapangan, mereka sehat," katanya.

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan
OCS Indonesia (Doc: Natania Longdong)

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Industri Facility Management (FM) yang memasok pekerja outsourcing di Indonesia mengatakan bahwa pasar Indonesia lebih baik dari Vietnam dan Kamboja.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024