Bahas Akhir Perang Korea, Presiden Korsel dan Kim Jong-un Berpelukan

Presiden Korsel dan istri tiba di Bandara Internasional Sunan Pyongyang, Korut
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyambut hangat kedatangan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Selasa, 18 September 2018 di Bandara Internasional Sunan Pyonguang, Korea Utara. Moon Jae-in hadir bersama sang istri. Selain Kim Jong-un, kedatangan keduanya ikut disambut Ibu Negara Korut.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Saat bertemu, kedua pemimpin negara itu disebutkan saling tersenyum, tertawa kemudian berpelukan. Sambutan hangat juga tampak diberikan masing-masing istri mereka sebagaimana dilansir Reuters.

Kedatangan Moon Jae-in kali ini tak lain soal pembahasan progres denuklirisasi dan Korea yang damai untuk mengakhiri status Perang Korea yang masih status quo selama ini. Walau diketahui, progres kesepakatan Korea Utara dan AS mengenai denuklirisasi ini sempat stagnan.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Sementara itu, ratusan penyambut dengan menggunakan busana tradisional Korea Utara juga turut menyambut Moon. Mereka membawa rangkaian bunga dan melambaikan dua bendera Korut maupun Korsel.

"Kami sangat menyambut baik kehadiran Presiden Moon Jae-in di Pyongyang," dituliskan dalam spanduk yang dibawa oleh penyambut tersebut.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Mereka kemudian tampak masuk ke mobil Mercedes hitam yang sama dan dibawa menuju guest house negara Paekhwawon. Di sana Moon akan menginap. Diketahui bahwa tempat itu juga lokasi menginap dua mantan Presiden Korsel yang pernah mengunjungi Korut pada masa Kim Jong-il yaitu pada 2000 dan 2007.

Pembicaraan mengakhiri Perang Korea oleh Moon dan Kim dijadwalkan mulai pukul 15.30 waktu setempat hari ini.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024