Logo ABC

Drone akan Dipakai di Keramaian untuk Strategi Anti-Teror di Australia

Kendaraan udara tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle, UAV) atau drone Australia disebut quad taktis multi-rotor.
Kendaraan udara tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle, UAV) atau drone Australia disebut quad taktis multi-rotor.
Sumber :
  • abc

Seorang ahli pertahanan terkemuka mengatakan penggunaan drone kecerdasan artifisial (AI) untuk memantau orang banyak di acara-acara besar dan melaporkan "perilaku tidak biasa" kepada pihak berwenang akan meluas.

Ini diungkapkan setelah Kepolisian Victoria membeberkan rencana untuk menggunakan drone sebagai bagian dari strategi anti-terornya yang baru.

Di bawah strategi kontra-terorisme yang diperbarui, drone yang mendeteksi perilaku tidak biasa di kerumunan akan melaporkan temuan kepada petugas, yang kemudian dapat menyelidiki potensi ancaman.

Asisten Komisaris Ross Guenther mengatakan kepada ABC Radio Melbourne tujuan drone bukan untuk menciptakan "status pengawasan", tetapi untuk membantu polisi mencegah serangan yang terjadi.

"Katakanlah Anda pergi ke Myer Music Bowl, misalnya, dan Anda membawa ransel," katanya.

"Anda menurunkan ransel tetapi kemudian Anda kembali ke gerbang dan meninggalkan tempat, itu akan menjadi perilaku yang tidak biasa.

"Jika kami memiliki pesawat tak berawak di daerah itu menggunakan fungsi semacam itu, itu akan mengidentifikasi perilaku yang tidak normal dan mengirim informasi itu kembali ke pos komando polisi.