Logo ABC

Pensiunan Temukan Bongkahan Emas, Nilainya Lebih dari Rp1 Miliar

Bongkahan emas ini dijuluki kaki bebek
Bongkahan emas ini dijuluki kaki bebek
Sumber :
  • abc

Sebuah bongkahan emas bernilai paling kurang $AUD 110 ribu (sekurangnya Rp1,1 miliar) telah ditemukan oleh seorang pencari emas amatir di pedalaman Australia Barat.

Pria yang sudah pensiun dan tidak mau namanya disebutkan itu mengatakan dia selama ini sudah berusaha mencari emas di kawasan yang sama selama bertahun-tahun di utara Goldfields dan sekarang dia beruntung karena menggunakan teknologi yang lebih canggih.

"Ketika saya selesai menggali, saya hanya bisa berkata "Oh my God," katanya mengenai penemuan spesimen seberat 3,23 kg yang berisi 2,1 kg emas.

"Letaknya cukup dalam sekitar 800 mm di tanah liat, jadi diperlukan waktu sekitar dua jam dengan hati-hati untuk mengambilnya."

Rob Anderson, yang memiliki perusahaan pencari emas bernama Prospectors Pick di Bunbury, sekitar 173 km dari ibukota Australia Barat Perth mengatakan mengenai pria penemu emas tersebut.

"Dia memang spesialis mencari bongkahan emas jauh di dalam tanah. Dan sudah banyak berhasil selama bertahun-tahun." kata Anderson.

"Saya kira ini masih membuktikan banyaknya emas di kawasan ini, bahkan ketika kita mengira di sini sudah bersih dengan kandungan emas."