JK Nilai Donald Trump Banyak Membanggakan Diri Sendiri

Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Hal itu disampaikan menyikapi pidato Trump di Sidang Umum ke-73 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Markas Besar PBB, New York, AS, yang isinya banyak membanggakan keberhasilan Trump memimpin AS sejak 2016.

"Memang Trump itu orang yang merasa sangat percaya diri sampai mengatakan dua tahun prestasi dia hampir sama dengan pemerintah sebelumnya. Itu suatu statement yang percaya dirinya tinggi sekali," ujar JK di lokasi, dikutip dari keterangan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) yang diterima pada Rabu, 26 September 2018.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Meski demikian, JK berpandangan, kebijakan yang dikeluarkan oleh Trump sebenarnya tidak seluruhnya bisa memberi dampak baik kepada semua pihak. JK mencontohkan kebijakan Trump menerapkan tarif impor yang menimbulkan perang dagang antara AS-China.

"Perang dagang contohnya, antara China dan Amerika itu bisa merusak ekonomi secara keseluruhan, karena mempunyai efek negatif," ujar JK.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Lebih lanjut, JK menyampaikan, negara-negara yang memiliki potensi terpengaruh perang dagang akhirnya harus merumuskan strategi supaya tidak terkena dampak negatif dari hal itu. Menurut JK, negara-negara lain harus memutar otak supaya perang dagang malah memberi keuntungan tersendiri bagi mereka.

"Dari perang dagang, ada juga positifnya tergantung cara mengambil kebijakannya." (mus) 
 

Mantan Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI

JK Sebut Penundaan Pemilu Langgar Konstitusi

JK mengingatkan untuk berhati-hati terhadap wacana penundaan Pemilu 2024. Konstitusi sudah mengamanatkan Pemilu digelar lima tahun sekali.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022