Jurnalis Dipenjara, Istri George Clooney Kritik Pedas Aung San Suu Kyi

Amal Clooney
Sumber :
  • Veeoz

VIVA – Keluarga dua jurnalis kantor berita Reuters yang dipenjara oleh pemerintah Myanmar meminta pengampunan atas jurnalis Wa Lone (32) dan Kyaw Soe Oo (28) yang dihukum akibat melakukan peliputan di negara konflik di Myanmar. Pengadilan Myanmar memutuskan mereka bersalah karena dianggap melanggar Undang Undang Informasi Rahasia di negara tersebut.

Ritual Mistis Junta Myanmar Tak Mempan! Rathedaung Jatuh ke Tangan Sekelompok Bersenjata Etnis

Menurut The Guardian, PBB juga sudah menyampaikan tekanan kepada pemerintah Myanmar agar tidak memberangus kebebasan berpendapat dengan memenjarakan wartawan. Salah satu pengacara HAM yang terlibat dalam upaya membebaskan dua jurnalis itu adalah Amal Clooney, istri aktor Hollywood terkenal George Clooney.

Diketahui bahwa dua jurnalis tersebut diputuskan bersalah atas jeratan Undang Undang Informasi Rahasia yang diundangkan pada era kolonial.

5 Kekejaman Junta Militer Myanmar, Salah Satunya Hukum Mati Pelajar

Clooney menyatakan bahwa Presiden Myanmar Win Myint dan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi harus mengadakan konsultasi membahas nasib dua jurnalis tersebut.

Clooney juga menyampaikan pesan keras kepada Suu Kyi,"Anda sendiri telah berjuang bertahun-tahun lamanya untuk dibebaskan dari penjara tersebut dan kini orang lain yang berada di sana sementara Anda punya wewenang untuk bersuara dan membebaskan mereka tapi diam saja." (ren)

Kekejaman Junta Myanmar! Rohingya Dipaksa Bergabung dengan Militer
VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

Membicarakan tentang kehadiran Angkatan Laut yang memiliki jumlah kapal terbesar di Asia Tenggara merupakan topik menarik yang patut diperhatikan.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024