Komunis Vietnam yang Ditakuti Penjajah Prancis Wafat, Usia 101 Tahun

Ilustrasi buku orbituari berbentuk kue
Sumber :
  • Ideal Death Show

VIVA – Petinggi Komunis Vietnam yang pernah menjadi Sekjen Partai Komunis Vietnam, Do Muoi, meninggal dunia di usia 101 tahun. Do Muoi adalah seorang pemimpin yang melawan pemerintahan kolonial Prancis dan seorang Komunis yang berkomitmen tinggi.

Sosok Ini yang Membuat Adik KH Agus Salim Tertarik Masuk Katolik

Pemerintah Vietnam mengatakan bahwa Muoi meninggal pada Senin, 1 Oktober 2018 di National Military Hospital 108, setelah berjuang melawan penyakit serius.

"Do Muoi telah melalui berbagai tahapan kerja dan memberikan kontribusi besar bagi revolusi partai dan bangsa," tulis pernyataan pemerintah Vietnam seperti dikutip South China Morning Post.

Respons KH Agus Salim saat Tahu Adiknya Masuk Katolik: Alhamdulillah

Lahir di distrik pinggiran Thanh Tri di Hanoi pada tahun 1917, Muoi berpartisipasi dalam gerakan anti-Prancis pada tahun 1936 dan bergabung dengan Partai Komunis Indochina.

Dia ditangkap oleh pemerintah kolonial Prancis pada tahun 1941 dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Dia melarikan diri dari penjara sebelum pemberontakan tahun 1945 yang mana Presiden Ho Chi Minh mendeklarasikan kemerdekaan dari Prancis.

Kisah Chalid Salim, Adik KH Agus Salim yang Memilih Agama Katolik

Muoi naik pangkat di partai dan pemerintah. Dia terpilih di Politburo yang sangat kuat pada tahun 1982 dan diangkat sebagai Perdana Menteri tahun 1988.

Dia menjabat sebagai Kepala Partai Komunis selama lebih dari enam tahun sebelum mengundurkan diri pada tahun 1997. Ia memang diketahui jarang tampil di depan publik dalam beberapa tahun terakhir.

Di bawah dekrit pemerintah, Muoi akan dihormati dengan pemakaman kenegaraan yang diberikan bagi mereka yang telah menduduki jabatan sekretaris jenderal, presiden, perdana menteri, ketua majelis nasional atau para pejabat tinggi dengan kontribusi luar biasa bagi negara yang diputuskan oleh Dewan Tertinggi Komunis yang biasa disebut Politburo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya