Raja Arab Saudi Salman Berduka atas Gempa Palu, Siap Bantu RI

Masjid Baiturrahman pascagempa dan tsunami di daerah Taman Ria, Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 1 Oktober 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

VIVA – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyampaikan dukacita yang mendalam atas gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, Palu, dan beberapa wilayah lain di Provinsi Sulawesi Tengah, dan telah menewaskan sedikitnya 824 jiwa. Disebutkan melalui situs resmi Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Raja Salman menyampaikan ucapan belasungkawa melalui sambungan telepon kepada Presiden Joko Widoo.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Diketahui hingga saat ini, pencarian dan penyelamatan masih dilakukan di lokasi bencana. Diduga masih ada korban yang hilang sehingga jumlah korban masih berpotensi terus meningkat.

Sementara Presiden Jokowi juga sebelumnya sudah menyampaikan bahwa Indonesia terbuka menerima bantuan dari luar negeri agar kondisi di Palu bisa segera dipulihkan.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Pihak Saudi menyatakan, dalam kondisi seperti ini, Arab Saudi siap mendukung termasuk dalam hal materiil bagi korban.

"Seraya memohon kepada Allah Swt untuk mencurahkan rahmatNya bagi para korban jiwa dan segera menyembuhkan korban luka," kata Raja Salman lewat pengumuman dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Jokowi merespons sangat positif ungkapan Raja Salman itu, yang berstatus Penjaga Dua Kota Suci bagi umat Islam tersebut. Pemerintah dan rakyat, kata dia, berusaha dan bekerja keras agar situasi di Palu bisa cepat diperbaiki. (ren)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024