Sakit Keras, Presiden Duterte Ogah Mundur dari Jabatan

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • Sputnik/Kremlin/Mikhail Klimentyev

VIVA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte secara tiba-tiba mengambil waktu istirahat sementara menyusul cek kesehatan yang dilakukannya. Disebutkan Duterte sedang sakit keras dan menyeruak isu bahwa dia segera menyerahkan kekuasaannya kepada Wakil Presiden Leni Robredo.

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Namun dikutip dari laman CNN Filipina, Duterte membantah tak lagi sanggup menjalankan pemerintahan di tengah isu kanker yang dideritanya. Diakuinya bahwa dia cuti sebentar untuk pemeriksaan medis.

Selain itu Duterte mengatakan kurang percaya jika menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada Robredo.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

"Jik ada situasi yang membutuhkan keputusan maka dia (Robredo) akan mengambil keputusan yang salah. Dia termasuk lemah soal-soal strategis," kata Duterte soal Wapresnya itu.

Diketahui bahwa Konstitusi Filipina pada Pasal VII menyebutkan bahwa dalam hal Presiden meninggal dunia, mengalami lumpuh permanen, dimakzulkan dan mengundurkan diri, maka Wakil Presiden akan menggantikan hingga periode pemerintahan berakhir.
 

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja
Ilustrasi cuaca panas

Terpopuler: Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis hingga 5 Tips Menghadapi Cuaca Ekstrem

 Kanal Lifestyle VIVA.co.id, pada hari Kamis, 2 Mei 2024, memiliki empat artikel terpopuler dengan jumlah pembaca paling tinggi. Artikel apa saja? Yuk simak!

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024