Logo ABC

Setengah Ton Materi Narkoba Sabu Diselundupkan lewat Mesin Sosis

Polisi menyita 496kg bahan methamphetamine yang bisa dibuat menjadi pil esktasi di Sydney.
Polisi menyita 496kg bahan methamphetamine yang bisa dibuat menjadi pil esktasi di Sydney.
Sumber :
  • abc

Polisi Australia telah menahan tiga orang berkenaan dengan usaha penyelundupan hampir setengah ton bahan kimia yang bisa digunakan untuk membuat sabu sabu (methamphetamine) berhasil digagalkan di Sydney.

Digambarkan sebagai "cara penyeludupan yang canggih", narkoba yang bernilai lebih dari $AUD 57 juta (sekitar Rp 600 miliar) tersebut ditemukan dalam mesin pembuat sosisl yang dikirim lewat kontainer di Sydney bulan lalu.

Menurut polisi Australia (AFP) bahan ini bila kemudian dibuat menjadi pil ekstasi, maka akan bisa menjadi sekitar 1,7 juta biji.

"Pengiriman terkontrol" kemudian dilakukan oleh AFP, di mana bahan narkoba yang semula berasal dari Turki tersebut kemudian diganti dengan paket narkoba palsu.

Narkoba yang disembunyikan dalam kontainer kemudian diganti dengan paket narkoba palsu. Narkoba yang disembunyikan dalam kontainer kemudian diganti dengan paket narkoba palsu.

ABC News: Mark Reddie

Kontainer itu kemudian dikirim ke alamat sebuah supermarket di Auburn, namun polisi mengatakan percaya bahwa pemilik supermarket tidak tahu-menahu mengenai pengiriman tersebut, yang juga berisi batangan coklat dan pengharum ruangan, selain bahan narkoba.