Dubes Nikki Haley Jagoan AS di PBB Mengundurkan Diri

Nikki Haley (kiri) dan Presiden AS Donald Trump
Sumber :
  • Sumber video BBC

VIVA – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley mundur dari jabatannya setelah hampir dua tahun memegang posisi bergengsi itu. Haley menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden AS Donald Trump sebagaimana dilansir laman BBC.

Ban Ki Moon: Krisis Air Lebih Mengerikan dari Pandemi COVID-19

Mantan Gubernur Carolina Selatan berusia 46 tahun tersebut mengatakan bahwa kemundurannya tidak bermotif politik. Namun dia tidak merinci alasan pastinya. Diketahui bahwa Haley merupakan salah satu dari sedikit pejabat perempuan di pemerintahan Trump. Haley selama ini menjadi orang yang vokal memprioritaskan kepentingan AS di PBB.

Dia juga dikenal agresif menekan PBB soal Korea Utara dan Iran. Terbukti, PBB akhirnya memberikan sanksi demi sanksi kepada negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Rusia Sebut Ukraina Bikin Senjata Biologis Didukung AS, Ini Kata PBB

Sementara Donald Trump memuji kinerja Haley selama ini. Dia menyebut bahwa Politikus itu sudah melakukan pekerjaannya dengan hebat. Trump mengatakan akan mempertimbangkan penasihat keamanan Dina Powell untuk menggantikan Haley. Tak lama nama Ivanka Trump juga tersebut namun Donald Trump
mengatakan, akan dianggap nepotisme jika dia memberikan jabatan itu kepada Ivanka, putri sulungnya itu.

Haley saat ditanyakan kembali soal pengunduran diri hanya mengatakan bahwa dia percaya setiap pekerjaan dan jabatan ada masanya. Haley membantah dia mempersiapkan diri untuk Pemilu 2020.

Ini Sosok Artis Hamil Ukraina Penipu Besar Dunia untuk Hancurkan Rusia

"Sudah selama 8 tahun bekerja dengan intens dan saya orang yang percaya untuk masa produktif ada masanya," kata Haley soal kariernya di elite politik. (ren)
 

Ilustrasi Dewan Keamanan PBB (sumber: wikimedia)

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Situasi di Dewan Keamanan PBB yang terkait dengan Israel dan Palestina telah menjadi perdebatan panjang.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2023