Presiden Duterte Buktikan Dirinya Tak Sakit Kanker

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • Sputnik/Kremlin/Mikhail Klimentyev

VIVA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengungkapkan, hasil biopsi yang ia lakukan minggu lalu menunjukkan bahwa dia tidak menderita kanker.

5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara, Posisi Indonesia Mencengangkan

"Ini negatif. Mereka memiliki kecurigaan tapi sekarang kita bisa minum bersama," kata Duterte saat ditanya oleh awak media seperti diberitakan Channel News Asia.

Menurutnya, tes yang ia lakukan pekan lalu hanya untuk memenuhi permintaan keluarga. "Padahal menurut saya, itu tidak perlu. Saya tidak takut, saya tidak peduli," kata dia.

Wali Kota Larang Pemotor Pakai Helm Full Face

Dia juga membantah melakukan tes medis lain di Hong Kong selama akhir pekan lalu ketika ia terlihat sedang berbelanja dengan pasangannya dan putri bungsunya.

Hal ini juga dibenarkan oleh juru bicara Duterte, Harry Roque. Ia mengatakan kondisi Presiden tidak serius. Konstitusi Filipina mengatur agar publik tidak diberitahukan tentang keadaan kesehatan seorang Presiden yang berkuasa jika ada dalam keadaan serius.

Kerusuhan Antara Transgender Thailand dan Filipina di Bangkok, Polisi Ambil Tindakan Tegas

"Konstitusi mengatakan bahwa tidak perlu memberi tahu rakyat. Nantinya kabinet yang seharusnya menjadi pihak yang memutuskan apakah dia benar-benar tidak mampu untuk menjalankan fungsi jabatan," ujar Duterte.

Kondisi kesehatan Duterte beberapa waktu terakhir menjadi spekulasi setelah dia tak tampak di hadapan publik selama sepekan. Namun orang-orang di sekitarnya menolak rumor tentang kondisi kesehatan Duterte.

Dokumentasi China Semprot Kapal Filipina Dengan Meriam Air (Doc: Newsweek)

Kapal Filipina Alami Kerusakan usai Ditembak Meriam Air oleh Kapal China

Filipina unggah sebuah video, yang menunjukkan kapal Unaizah May milik mereka dihantam oleh meriam air China, dan membuat Unaizah tidak dapat dioperasikan.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024