Logo ABC

Tempat Penahanan Rahasia Para Muslim Uighur Terungkap

China bisa jadi telah menahan lebih dari 1 juta warga Muslim Uighur di pusat tawanan masal.
China bisa jadi telah menahan lebih dari 1 juta warga Muslim Uighur di pusat tawanan masal.
Sumber :
  • abc

Wilayah Xinjiang di barat Cina telah mengesahkan pengiriman warga minoritas Muslim Uighur ke tempat yang mereka sebut sebagai "pusat pelatihan kejuruan". Tetapi negara-negara Barat menyebut tempat ini adalah adalah kamp penawanan besar-besaran.

Sebuah komite hak asasi manusia PBB baru-baru ini mengatakan pihaknya percaya China bisa jadi telah menahan lebih dari 1 juta warga Uighur di kamp-kamp rahasia. Namun klaim ini telah berulang kali ditolak oleh China.

Sebuah pasal baru telah ditambahkan pada Undang Undang Antiekstremisme Xinjiang, yang mengatakan pusat pelatihan itu dimaksudkan untuk "mendidik dan mentransformasi" tahanan.

"Pemerintah di tingkat daerah dapat mengatur ... pusat pelatihan kejuruan, untuk mendidik dan mengubah orang-orang yang telah dipengaruhi oleh ekstremisme," kata klausa itu.

Undang-undang Antiekstremisme di kawasan itu telah berlaku sejak April tahun lalu, yang melarang laki-laki dan perempuan Muslim memelihara jenggot yang dianggap "tidak normal" atau mengenakan jilbab di depan umum.

Kecaman dunia internasional semakin meningkat setelah sejumlah laporan memuat penahanan massal dan pengawasan ketat terhadap etnis Uighur dan Muslim lainnya di China. Amerika Serikat bahkan mempertimbangkan penjatuhan sanksi.

China membantah bahwa pihaknya menahan warga Uighur di pusat pengungsian dan mengatakan fasilitas semacam itu tidaklah ada, namun mereka mengaku mengirim para pelaku tindak kriminal ke pusat pelatihan.