Presiden Taiwan Bersuara soal Besarnya Intimidasi dari China

Suasana di depan Tower 101, Taipei, Taiwan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA – Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menegaskan akan terus meningkatkan keamanan nasional dan tidak akan tunduk pada penindasan yang dilakukan oleh China. Selama ini China melakukan berbagai tekanan untuk menegaskan kedaulatannya atas Taiwan.

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

"Pada saat ini, intimidasi dan tekanan diplomatik China tidak hanya melukai hubungan kedua pihak tapi juga menantang stabilitas perdamaian di selat Taiwan," kata Tsai dalam pidato hari kemerdekaan di Taipei seperti diberitakan Channel News Asia.

Tsai mengatakan Taiwan akan meningkatkan anggaran pertahanan setiap tahun untuk mempertahankan kedaulatan negara. Dia juga akan meningkatkan kemampuan militer dan swasembada termasuk melanjutkan pembuatan pesawat dan kapal selam.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Pada kesempatan itu Tsai juga mengatakan bahwa negaranya harus bekerja sama dengan negara lain untuk membangun koalisi untuk membela demokrasi. Ia lalu mengucapkan terima kasih kepada Parlemen Eropa dan Amerika Serikat untuk dukungan mereka.

Diketahui Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan suku cadang untuk pesawat tempur F-16 dan pesawat militer lainnya kepada Taiwan senilai hingga US$ 330 juta bulan lalu. China menganggap langkah itu merusak kesepakatan perjanjian Sino-AS. 

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer
VIVA Militer: Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Lebih dari 300 mayat wargas sipil Gaza ditemukan di depan Rumah Sakit Al-Shifa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024