Bantu Bersihkan Reruntuhan Gempa Sulteng Bakal Dapat Bayaran dari PBB

Sejumlah relawan membakar sampah pascagempa dan tsunami Palu di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Badan PBB untuk Pembangunan atau UNDP, bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan daerah, serta LSM Indonesia, akan meluncurkan program cash-for-work untuk membantu rehabilitasi pascagempa Sulawesi Tengah.

Intip Cara PBB dan Citi Buat Milenial Berpenghasilan dengan Usaha

Program ini adalah pemberian dana tunai sebagai bayaran dari pekerjaan membersihkan reruntuhan bangunan akibat bencana tsunami dan gempa bumi.

Program ini, merupakan bagian dari program bantuan cepat bagi bencana dari UNDP senilai US$1,4 juta untuk membantu upaya pemulihan. Prakarsa cash-for-work ini akan memperkerjakan 3.500 orang dan diharapkan memberi manfaat bagi ke lebih dari 15 ribu orang di lokasi yang paling parah tertimpa bencana.

BUMI Raih A+ Laporan Keberlanjutan Terbaik dari UNDP dan FIHRRST

“Pembersihan reruntuhan, merupakan salah satu bagian terpenting dari operasi bantuan atas bencana. Tindakan yang segera kami lakukan, terkait tata kelola reruntuhan dan infrastruktur adalah dengan memprioritaskan daerah-daerah penerima bantuan kemanusiaan,” kata Country Director UNDP Indonesia, Christophe Bahuet dikutip dari keterangan resminya, Jumat 12 Oktober 2018. 

Dia mengatakan, tim dari UNDP Indonesia langsung tiba di lokasi sejak minggu pertama bencana untuk membantu warga yang terdampak, serta mendukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam mengkaji kebutuhan bagi pemulihan tahap awal. BNPB memimpin program bantuan dan pemulihan tahap awal.

Survei: Banyak UMKM Tertarik Terapkan Praktik Bisnis Ramah Lingkungan

Program cash-for-work dan program pemulihan bertumpu pada pengalaman UNDP dalam rekonstruksi dan pembangunan kembali Nepal. Negara itu tertimpa bencana alam, serta Filipina yang diterjang badai Pablo di 2012. Pembiayaan prakarsa baru ini datang dari UN Central Emergency Response Fund, dan UNDP.

Pembangunan hunian tetap (huntap) yang dibangun Kementerian PUPR.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Hunian tetap atau huntap salah satu upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi dan tsunami, di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023