Rencana Reshuffle, Desas-desus Sosok Penyeimbang Trump Bakal Mundur

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Norman Mattis di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, pada Senin malam, 22 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Jim Mattis bisa jadi segera mundur dari jabatannya.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mattis yang dipandang sebagai salah satu anggota kabinet Trump yang posisinya paling strategis selama ini dianggap sebagai sosok penyeimbang terhadap Trump yang kerap melakukan langkah kasar kepada para sekutu AS.

"Bisa jadi itu dia. Saya pikir dia seperti Demokrat, jika Anda ingin tahu yang sebenarnya. Tapi Jenderal Mattis adalah orang yang baik. Kami berteman dengan sangat baik. Namun dia boleh hengkang, maksud saya pada waktunya, semua orang memang akan pergi," kata Trump dalam sebuah wawancara seperti diberitakan Channel News Asia.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Trump mengatakan, dua hari sebelumnya dia makan siang bersama dengan Mattis. Walau saat itu, pensiunan jenderal bintang empat itu tak mengatakan bahwa dia akan mundur dari jabatannya.

Desas-desus pengunduran diri Mattis telah beredar sejak sebuah buku yang ditulis oleh wartawan bernama Bob Woodward memuat tentang kekacauan Gedung Putih yang menyebutkan bahwa Mattis mempertanyakan keputusan Trump. Dia bahkan menyebut pemahaman perilaku Trump layaknya seorang anak berusia 10 tahun.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Hal ini juga muncul seiring dengan isu perombakan kabinet Trump. Pekan lalu, Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengumumkan pengunduran dirinya dan akan efektif pada akhir tahun.

"Saya mengubah hal-hal di sekitar dan saya berhak. Saya memiliki orang-orang yang sekarang siaga yang akan menjadi fenomenal. Mereka akan masuk ke pemerintahan, mereka akan sangat fenomenal," kata Trump.

"Saya pikir kami memiliki kabinet yang hebat. Ada beberapa orang yang tidak saya sukai. Saya memiliki beberapa orang yang tidak saya sukai dan saya memiliki orang lain yang sangat saya sukai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya