Netanyahu Ungkap Inginnya Israel Punya Hubungan Diplomatik dengan RI

PM Israel, Benjamin Netanyahu.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengungkapkan keinginannya untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia, yang merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Jelang Idul Fitri, Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional Serukan Gencatan Senjata di Gaza

"Indonesia sangat-sangat penting bagi kami. Itu adalah negara yang sangat penting. Ini adalah salah satu negara terakhir di dunia yang tidak memiliki hubungan terbuka dan kuat dengan Israel. Sebagian besar negara melakukannya," kata Netanyahu dalam sebuah konferensi internasional untuk jurnalis Kristen di Yerusalem.

"Indonesia memiliki lebih dari 200 juta penduduk. Sebagian besar Muslim dan juga puluhan juta orang Kristen. Kami ingin melihat mereka di sini. Kami ingin memiliki hubungan yang baik dengan mereka," ujar Netanyahu, seperti dikutip dari Times of Israel.

Mengapa Kita Harus Jeli Menyikapi Berita Boikot? Ini Alasannya

Netanyahu membuat pernyataan itu sebagai jawaban atas pertanyaan seorang aktivis dan jurnalis pro-Israel dari Indonesia yang meminta kepada Perdana Menteri untuk membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia, sehingga mereka dapat dengan bebas mengunjungi Tanah Suci.

Dia mengacu pada periode singkat awal tahun ini, di mana Jakarta dan Yerusalem melarang pengunjung dari satu sama lain.

Ramadhan Konflik di Gaza Belum Reda, Palestina Ucapkan Terima Kasih Indonesia Terus Bantu

"Saya akan bekerja untuk mengupayakan tentang visa dan saya akan melihat apa yang bisa saya lakukan," ujar Netanyahu.

Awal bulan ini, Israel juga berencana mengirim bantuan ke Indonesia, setelah gempa bumi dahsyat dan tsunami yang menewaskan lebih dari 1.400 orang. 

Namun, karena sifat hubungan diplomatik yang sensitif antara Jakarta dan Yerusalem, Kementerian Luar Negeri dan Kantor Perdana Menteri menolak berkomentar tentang masalah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya