Logo BBC

Di Negara Ini, Sekadar Laporkan Konten Ekstremis Dapat Ponsel Pintar

Website ini mendorong masyarakat agar aktif melaporkan konten-konten negatif di internet. - Dagestan interior ministry
Website ini mendorong masyarakat agar aktif melaporkan konten-konten negatif di internet. - Dagestan interior ministry
Sumber :
  • bbc

Otoritas Dagestan, kawasan bergolak di bagian selatan Rusia menawarkan ponsel pintar sebagai imbalan bagi siapa saja yang melaporkan konten ekstremis di internet.

Pihak berwenang meluncurkan sebuah cara untuk masyarakat agar mereka bisa melaporkan unggahan atau tulisan yang mempromosikan terorisme atau menghasut kebencian agama atau etnis.

Anggota masyarakat yang paling aktif melaporkan kegiatan-kegiatan yang terkait ektremisme akan mendapat iPhone SE, sementara urutan kedua akan mendapat ponsel pintar Cina, lapor Kavkaz-Uzel, sebuah situs berita setempat.

Siapa pun yang berminat untuk melapor, bisa mengirimkan tautan ke hotline situs itu dan rahasia dijamin sepenuhnya. Apa pun laporan yang terlihat berbahaya akan diteruskan ke polisi, setelah mendapat evaluasi dari spesialis anti-terorisme, kata Komite Urusan Agama Dagestan.

Situs itu sebetulnya sudah dibuat sejak bulan April lalu oleh, diumumkan oleh deputi menteri komunikasi Dagestan, Sergei Singarev. `Membuat kita semua lebih aman`

Dalam pertemuan dengan para siswa sekolah selama peluncuran, Sergei Singarev mengatakan bahwa situs itu "mendorong anak-anak muda untuk membantu membuat kita semua lebih aman" di wilayah tersebut yang berbatasan dengan Chechnya di Kaukasus utara.

Jika orang-orang tidak tertarik dengan ponsel yang ditawarkan, mereka bisa meminta imbalan berupa skateboard, tambah situs berita.