Logo ABC

Harga BBM di Pedalaman Australia Rp20 Ribu Per Liter

Harga BBM semakin meningkat di berbagai tempat di Australia seperti yang terlihat di salah satu SPBU di Broome.
Harga BBM semakin meningkat di berbagai tempat di Australia seperti yang terlihat di salah satu SPBU di Broome.
Sumber :
  • abc

Seperti di banyak negara lain, di Australia harga BBM terus melonjak selama beberapa bulan terakhir, dan di daerah regional dan pedalaman, harga bensin sekarang hampir $AUD 1.90 (sekitar Rp 20 ribu) per liter sementara harga solar $AUD 2.05 (sekitar Rp 22 ribu).

Di kota-kota besar di Australia kenaikan harga BBM ini baru dirasakan selama beberapa pekan terakhir dengan harga tertinggi sekitar $AUD 1.50- 1.55, namun di kawasan regional, harga BBM yang mahal sudah dirasakan beberapa lama.

Di beberapa kawasan terpencil di Australia Barat, beberapa SPBU sudah menjual minyak seharga $AUD 1.89, dengan pengusaha mengatakan harga beli meningkat setiap hari.

Manajer SPBU BP di Broome Central Kirsten Foy mengatakan banyak pengendara enggan untuk mengisi kendaraan mereka penuh karena berharap harga akan menurun.

"Kami banyak mendapat reaksi negatif dari mereka yang datang membeli." katanya.

"Saya biasanya mengatakan ongkos membeli minyak kami naik, jadi kami harus menaikkan harga supaya bisnis bisa bertahan."

Fuel prices in Kalumburu Di salah satu SPBU di Kalumburu di pedalaman Australia Barat harga minyak satu liter lebih dari Rp 30 ribu.