Lama Kosong, Trump Akhirnya Tunjuk Diplomat Utama AS untuk Asia Timur

Donald Trump
Sumber :

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk mencalonkan mantan Jenderal Angkatan Udara David Stilwell guna menjadi diplomat utama di Departemen Luar Negeri untuk Asia Timur.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Pos ini sudah tidak terisi selama lebih dari satu tahun, meski banyak tantangan yang dihadapi AS di kawasan itu.

Gedung Putih mengatakan, Trump telah mengumumkan rencananya untuk mencalonkan Stilwell sebagai asisten menteri luar negeri untuk Asia Timur dan Pasifik. Dia adalah mantan pilot karier yang mahir berbahasa Korea, China, dan Jepang.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Pencalonan itu harus dikonfirmasi oleh Senat, namun para ahli mengatakan Stilwell kemungkinan akan menerima dukungan luas.

Pos ini sudah lama tidak terisi setelah Daniel Russel mengundurkan diri pada April tahun lalu terlepas dari krisis besar nuklir Korea Utara dan memburuknya hubungan dan perang dagang dengan China.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Diberitakan Straits Times, Stilwell pensiun dari Angkatan Udara AS pada 2015 dengan pangkat Jenderal setelah 35 tahun bertugas. Dia saat ini menjabat sebagai Direktur China Strategic Focus Group di Markas Komando Indo-Pasifik AS di Hawaii dan seorang rekan senior di East West Center di Honolulu.

Stilwell bergabung dengan Angkatan Udara pada 1980 sebagai seorang ahli bahasa Korea dan melayani di Korea Selatan sebelum mendapatkan gelar dalam studi Asia dan bahasa China.

Dia juga bertugas dengan Angkatan Udara di Jepang dan terlibat dalam peran perencanaan Asia di Pentagon dan pernah menjabat sebagai atase pertahanan di Beijing sejak  2011 hingga 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya