Logo BBC

Terpidana Mati Berusia Seabad: Menanti Eksekusi, Berharap Pengampunan

 - Global Society For Anti-Corruption
- Global Society For Anti-Corruption
Sumber :
  • bbc

Terpidana mati Celestine Egbunuche, dijuluki sebagai `tahanan tertua` Nigeria, harap-harap cemas menanti hasil dari kampanye yang menyerukan pembebasannya.

Dia berusia 100 tahun dan telah mendekam di penjara selama 18 tahun setelah dinyatakan bersalah merancang suatu pembunuhan.

Bertubuh kecil dan sedikit bungkuk, ia menatap nanar ke ketinggian sembari duduk di bangku yang berdesakan di dalam ruang tamu penjara yang pengap.

Mengenakan T-shirt putih, celana pendek dan sandal jepit, dia mengangkat kepalanya perlahan-lahan - sebagai cara menyambut kehadiran kami.

Tetapi selain itu ia diam seribu bahasa selama kunjungan kami - sangat kontras dengan suasana ruangan yang riuh dengan dengan obrolan nyaring di Penjara Keamanan Maksimum Enugu di Nigeria tenggara.

Putranya, Paul Egbunuche, 41, duduk di sampingnya, dan dialah yang berbicara. Dia dipenjara atas tuduhan pembunuhan yang sama.

Mereka berdua dituduh menyewa orang untuk menculik dan membunuh seorang lelaki terkait sengketa tanah di negara bagian Imo.

Paul bersikeras mengaku mereka berdua tak bersalah. Mereka ditahan pada bulan Juni 2000 dan akhirnya dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati pada tahun 2014.

Upaya menghubungi keluarga dari orang yang terbunuh tidak menemui hasil - bahkan dinas penjara Nigeria tidak dapat menemukan mereka.

`Bingung dan bagai anak kecil`