Proyek Jet Tempur Bareng Korsel, RI Masih Utang Rp3 Triliun

Ilustrasi jet tempur
Sumber :
  • Twitter @JamesDrewNews

VIVA – Pemerintah Korea Selatan mengatakan proyek pengembangan jet tempur dengan Indonesia masih tetap berjalan, meski Indonesia belum membayar kontribusi sebesar US$200 juta (setara Rp3 triliun).

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Pada 2014 lalu, Indonesia dan Korea Selatan menyepakati proyek pengembangan jet tempur KF-X. Proyek ini diperkirakan bernilai sekitar US$7.9 miliar, di mana Indonesia setuju untuk membayar 20 persen dari biaya pengembangan.

"Pada KTT Korea Selatan-Indonensia bulan September, telah disepakati untuk terus mengembangkan KF-X. Tentang kontribusi (Indonesia), kami berencana untuk melakukan negosiasi tambahan," badan pengadaan senjata Korea Selatan, Defense Acquisition Program Administration (DAPA), seperti dikutip Channel News Asia.

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Pihak DAPA mengungkapkan, kontribusi yang belum dibayar oleh pemerintah Indonesia sebesar US$203,14 juta, untuk periode semester kedua tahun 2017 dan semester pertama tahun 2018.

Beberapa waktu lalu, seorang pejabat senior Indonesia mengatakan tengah mencari solusi keuangan yang 'lebih ringan'. Permintaan ini kemungkinan dilakukan dalam upaya untuk mengurangi penggunaan cadangan devisa, dan mendukung rupiah, yang berada pada nilai tukar terendah dalam 20 tahun.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan
Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Momen Shin Tae-yong (STY) dilempar telur kembali viral dan ramai diungkit warganet jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024