Bertemu Menlu Saudi, Retno Marsudi Minta Transparansi soal Khashoggi

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan atas kasus dugaan pembunuhan hingga mutilasi terhadap jurnalis Jamal Khashoggi yang terjadi di Konsulat Saudi di Istanbul, 2 Oktober 2018.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melakukan pertemuan Sidang Komisi Bersama dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir.

"Indonesia sangat prihatin terhadap apa yang menimpa Jamal Khashoggi. Indonesia menyampaikan dukacita yang dalam kepada keluarga Jamal," kata Retno di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Oktober 2018.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno meminta agar investigasi kasus tersebut dapat dilakukan secara transparan dan saksama. Indonesia juga memantau dan mencermati pernyataan Menlu al-Jubeir beberapa hari lalu yang mengatakan sedang mencari semua fakta.

"Indonesia sangat mengharapkan kiranya investigasi dapat dilakukan secara transparan dan seksama," ujar Retno.

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah

Jamal Khashoggi, jurnalis dan kolumnis Washington Post diduga tewas dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul. Akhir pekan lalu, dalam pernyataannya, pemerintah Saudi mengklaim bahwa kematian Khashoggi disebabkan perkelahian di dalam gedung konsulat.

Namun, beberapa waktu terakhir, beredar kabar bahwa Khashoggi meninggal dunia karena dicekik. Jasadnya lalu digulung dengan karpet dan diserahkan kepada kooperator lokal untuk dibuang di luar wilayah Turki.

Jokowi pimpin rapat terbatas di istana

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan. Keduanya membahas kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024