Terobosan Diplomasi Ekonomi RI Tembus Benua Afrika, Berapa Nilainya

Menlu Retno Marsudi di Indonesia-Africa Forum
Sumber :
  • Kemlu RI

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, terobosan RI antara lain masuk ke pasar nontradisional berhasil masuk ke negara-negara Afrika, Asia Selatan dan Tengah dan Amerika Latin.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Untuk pertama kalinya tahun ini, Indonesia menyelenggarakan Indonesia-Africa Forum yang menghasilkan kesepakatan bisnis senilai US$2 miliar. Hingga kini, sudah ada 30 perusahaan Indonesia yang masuk ke benua Afrika.

"Kita investasi untuk busana dan tekstil di Ethiopia. Selain itu, untuk pertama kalinya, koneksi Indonesia dengan benua Afrika, tersambung dengan penerbangan langsung Jakarta-Addis Ababa," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Sepanjang empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK), pemerintah Indonesia berhasil menjual 450 gerbong kereta api ke Bangladesh dan pesawat NC 212i.

Indonesia juga sedang menjajaki penjualan gerbong kereta ke Sudan, penjualan gerbong ke Filipina, pesawat ke Senegal, isotop ke Meksiko, dan pengerjaan pembangunan infrastruktur ke benua Afrika.

Menlu Retno Khawatir Lihat Konflik Iran vs Israel, Dorong Deeskalasi di Timur Tengah

"Untuk pertama kalinya juga seluruh penerbangan maskapai Indonesia dicabut larangan terbangnya oleh Uni Eropa. Ini adalah perjuangan panjang yang dapat kita selesaikan," ujar Retno.

Jokowi pimpin rapat terbatas di istana

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan. Keduanya membahas kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024