Angela Merkel Siap Pensiun

Kanselir Jerman, Angela Merkel.
Sumber :
  • Instagram.com/bundeskanzlerin

VIVA –  Setelah mendominasi politik Eropa selama lebih dari satu dekade, Angela Merkel mengatakan masa jabatan keempatnya sebagai Kanselir Jerman akan menjadi yang terakhir baginya.

Olaf Scholz Dilantik sebagai Kanselir Jerman Gantikan Angela Merkel

Berbicara setelah pemungutan suara di daerah pemilihan di Hesse dan Baravia, Merkel mengatakan hasil tersebut menjadi sinyal yang jelas bahwa ada hal-hal yang tidak dapat berjalan sebagaimana adanya.

Merkel mengatakan tidak akan berdiri sebagai pemimpin pada konferensi Partai CDU bulan Desember mendatang, maupun mencari kesempatan lain sebagai kanselir di pemilihan federal berikutnya.

Jerman Temukan Kasus Pertama COVID-19 Omicron di Berlin

Ia menegaskan di akhir jabatannya pada tahun 2021, ia akan mundur sepenuhnya dari politik setelah tanggal tersebut. Merkel juga mengatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai kanselir, jika pemilihan terjadi sebelum tahun 2021.

Dilansir dari The Guardian, Merkel kerap dipuji sebagai wanita paling berkuasa di dunia dan berperan sebagai pemimpin de facto Eropa. Ia juga menikmati dukungan penuh dari masyarakat Jerman, sebagai penjamin stabilitas dan kemakmuran negara.

Senangnya Airlangga Saat Angela Merkel Pakai Baju Kuning

Namun dukungan tersebut semakin melemah, sejak ia membuka perbatasan pada puncak krisis migran Eropa tahun 2015 lalu. Kedatangan lebih dari satu juta pencari suaka sangat terpolarisasi dan memicu kebangkitan sayap kanan.

Merkel mengatakan ia berharap kepergiannya yang direncanakan dapat mengakhiri pertempuran sengit antara koalisi kanan dan kiri dan memungkinkannya untuk fokus pada pemerintahan.

VIVA Militer: Kanselir Jerman, Angela Merkel

7 Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman, Nomor 7 Bikin Kaget

Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman. memiliki nama lengkap Angela Dorothea Kasner, lebih dikenal sebagai Angela Merkel, lahir di Hamburg, Jerman Barat.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2022